Senin, 21 Maret 2011

SISTEM OPERASI WINDOWS VISTA




Windows Vista adalah sistem operasi yg dirilis oleh Microsoft , setelah sebelumnya dijuluki dengan nama kode Loghorn , akhirnya system operasi yg dikenal dengan nama vista ini akan melanjutkan kehadiran windows XP . Dengan GUI ( Graphical User Interface) Vista banyak menawarkan feature baru, juga perbaikan dan peningkatan dalam hal realibilitas ,  keamanan ,  kemudahan , pengembangan dan penampilan . Keamanan windows Vista tak kalah dengan user interface–nya .

Ada apa dengan Windows Vista ???
Microsoft telah mengeluarkan system operasi windowshu feature menarik apa saja yg ada didalamnnya:
·      Penampilan
Dibandingkan dengan system operasi terdahulu , windows XP , penampilan dan interface Windows Vista jauh lebih jernih , tajam dan lebih menarik . Hal ini dilihat dari interface dan gambar icon 3D yg unik , untuk menjalankan interface 3Dnya , diperlukan perangkat hardware yang mendukung . windows dan Border dialog-nya juga berwarna teransparan, dimana warnanya terlihat samar dan seperti bayangan . tak hanya itu , tersedia berbagai efek bayangan menarik dan zoom saat anda membuka , meminimize , dan menutup windows . tombol-tombol pada windows vista juga terlihat menarik seperti permen , mirip dengan tombol-tombol milik Macintosh.
Di Windows Vista , anda tidak akan Start menu seperti pada Windows XP. Untuk membuka program dari Start Menu , anda tidak perlu lagi mengklik “ All Programs” sebab list program-program yg baru diaktifkan akan langsung ditampilkan disebelah kiri sehingga lebih efektif dan mudah diatur  . Di bagian bawah Start Menu , anda akan menemukan kotak kotak pencari file yang akan membantu anda mencari sebuah file atau program dengan cepat dan mudah . hamper sama dengan windows Xp , windows vista juga dapat mematikan PC dengan mudah .
Perbaikan fungsi pencarian tidak hanya di start menu saja . Vista mengintegrsikan fungsi pencarian yg jauh lebih baik dibandingkan windows. Kapasitas storage yg besar sangat mendukung pencarian file dengan cepat . Apalagi , disetiap sudut windows tersedia kotak pencari mini, sehingga anda tidak perlu lagi membuka menu start. Feature menarik lainnya adalah kemampuan menyimpan hasil pencarian dalam folder virtual. Disini, pencarian file tidak harus menggunakan nama atau memasukan kata yang terbatas dlm file yg dicari. Selain itu, anda juga dapat melakukan pencarian file berdasarkan rating (mirip dengan system rating pada media player), sehingga dapat menemukan file lebih cepat.

·         Mengutamakan Seccurity
Security menjadi topic hangat jika dihubungkan dengan windows sebagai contoh,service pack 2 untuk XP . meski masih jauh dari sempurna , XP 2 mampu melakukan perlindungan yg lebih baik dari versi-versi sebelumnnya .
Salah satu masalah penting yang menyangkut keamanan PC sebenarnya berhubungan dengan account privilege . secara default , windows selalu memberikan user privilege administrator , yakni memungkinkan kostumisasi dan tweak system sesuai dengan keinginan user. Sebenarnya, hal ini merupakan salah satu cara yg dapat membuka pintu masuk virus dan spyware kedalam system dan mengakibatkan kerusakan . dengan alasan diatas , windows vista telah melakukan perbaikan dengan meminta konfirmasi (dengan meminta password administrator ) terlebih dahulu sebelum melakukan hal-hal penting yg berhubungan dengan administrator privilege , menginstall program misalnya .
 
·         Feature security lainnya.
Proteksi hardware merupakan salah satu feature security yg ditawarkan vista . dengan dukungan penuh prossesor dari AMD 64 yg mirip dengan keluaran EM 64T intel, vista menghadirkan feature baru “NX” (No- Execute). Feature ini mampu mencegah kerusakan yang sering disebabkan oleh virus . feature lainnya adalah user account protection , yg sangat bermanfaat bagi orang tua yg ingin membatasi game-game yg dapat dimainkan oleh anak-anak dan dewasa (game-game yg memiliki unsure kekerasan) .
Tidak seperti firewall SP2 Windows XP, firewall windows vista memiliki kenyaman dan keamanan bagi para surfer internet dengan memblok jalur network , baik yg masuk maupun keluar. Vista juga memiliki tools built-in untuk melindungi PC anda dari serangan virus pada jaringan local.
                Bagi pecinta internet Explorer 7 , selain lebih aman, anda dapat menggunakan browser ini untuk berselancar di internet dengan vista . meski windows vista memiliki banyak feature baru. Feature-feature ini dengan mudah dapat anda implementasikan dalam windows XP. Diantaranya firewalls , anti spyware , dan browser kaya feature yg diperkenalkan oleh windows vista .    Kekurangan dan Kelebihan Windows Vista
Windows-vista
Kelebihan:
1.T entu saja pengalaman baru menjelalah PC dengan rasa tridi ( 3D ) yang canggih berkat
AERO
2. Perbaikan dan penambahan fitur yang lebih canggih seperti Clear, Confident and  Connected
3. Kualitas tampilan yang prima
4. Lebih sedikit system ± crash dibanding pada windows xp
5. Built ± in Support Option yang memberikan keleluasaaan lebih kepada pengguna
6. Mode pencarian file yang lebih mudah/live search
7. Security lebih baik

Kekurangan :
1.Fitur ± fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan windows
2. Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secaraeksklusif mendukung dan bersinergi   dengan fitur ± fitur Vista
3.T erlalu banyak varian seri yang mungkin akan membingungkan calon pengguna
4. Bila spek komputer minim akan terasa berat
5.T erlalu banyak tampilan yg seharusnya tidak di gunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar