Selasa, 22 Mei 2012

RESENSI NOVEL "SANG PEMIMPI"

Pendahuluan

Sang Pemimipi adalah novel yang menceritakan perjuangan tiga anak Belitong yang tinggal disebuah kampung Melayu. Mereka berjuang untuk meraih mimpi-mimpi  mereka.  Meskipun mereka  hidup ditengah  kemiskinan,  mereka tidak mempedulikannya. Mereka mempunyai semangat yang membara, semangat yang tidak bisa diredam oleh apapun untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Sang Pemimpi itu adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Bagi mereka mimpi adalah energi bagi kehidupan mereka masa kini untuk melangkah menuju masa depan yang mereka cita-citakan. Berdasarkan alasan itulah maka penulis merasa tertarik untuk meresensi novel Sang Pemimpi ini. Dengan harapan dapat tertular oleh semangat juang karakter yang di bentuk dalam novel untuk menyelesaikan perkuliahan penulis.


Ringkasan Buku

Novel ini menceritakan kisah memoar kehidupan Ikal, Arai, dan Jimbron dalam mewujutkan impian mereka. Semua kisahnya tersaji dalam 18 mozaik yang tidak terlalu panjang. Ada beberapa kisah yang menggugah, namun ada juga beberapa kisah yang lucu. Seperti pada mozaik bioskop, yang menceritakan kenakalan Ikal dan kedua sahabatnya. Selain itu, disela-sela kisah ketiga pemimpi yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi, pembaca juga akan disuguhi potret landskap pulau Belitong lengkap dengan kondisi sosialnya.  

Arai sebenarnya masih memiliki hubungan darah dengan Ikal. Dia sejak kecil sudah yatim piatu. Karena Arai tidak memiliki saudara lagi, maka dia diasuh oleh orang tua Ikal. Bagi ikal, Arai adalahsaudara sekaligus sahabat terbaiknya. Jimbron, dia adalah sosok yang rapuh. Dia berbicara dengangagap semenjak ayhnya meninggal dunia. Jimbron sangat terobsesi dengan kuda, karena diBelitong saatitu belum ada kuda. Jimbron memiliki kisah yang unik dengan obsesinya terhadap kuda. Anda akanmerasa terhibur dengan tingkah Jimbron. 

 
 Komentar Penulis

Ada potongan mozaik yang membuat penulis kecewa dalam cerita dalam novel, yaitu pada kalimat "Tak terasa aku telah menyelesaikan kuliahku" (hlm. 250). Sepertinya ada sesuatu yang disembunyikan dari pengarang tentang kisah ini. Semoga kisah yang disembunyikan itu akan di ceritakan dalam novel selanjutnya.

Kesimpulan

Novel Sang Pemimpi, merupakan kelanjutan dari tetralogi Laskar Pelangi. Akan tetapi, didalam isi cerita Novel Sang Pemimpi, tidak menceritakan tentang anggota Laskar Pelangi yang selalu bersama dalamcerita dari novel Laskar Pelangi.  Saran penulis adalah untuk terlebih dahulu membaca novel pertama yaitu Laskar Pelangi sebelum membaca Novel Sang Pemimpi. Agar lebih dapat merasakan "feel" yang tersirat di Novel tersebut.

Judul : Sang Pemimpi
Penulis : Andrea Hirata 
Penerbit : Bentang
Cetakan : Cetakan keduapuluh lima, Oktober 2009
Kategori : NovelTebal : X + 292 hlm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar